Jumat, 29 April 2016

Fungsi Processor

ini terletak di socket yang sudah disediakan motherboard. Processor ini disebut juga “Microprosessor”. Processor merupakan sebuah IC yakni suatu komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dls, yang juga merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai otak dari berbagai perangkat elektronik.

Pengertian Dan Fungsi Processor Pada Komputer


Fungsi Processor

Umumnya processor hanya berfungsi untuk memproses semua informasi data yang diterima dari input, yang kemudian menghasilkan output. Prosesor tidak bisa bekerja sendiri, tetapi membutuhkan dukungan perangkat lain, seperti hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data bisa dilakukan dengan waktu prosesnya cepat atau lambat itu tergantung pada kecepatan prosesor tersebut. Satuan kecepatan dalam prosesor ialah Mhz (Mega Heartz) / Ghz (Giga Heartz), semakin besar kecepatan sebuah prosesor, maka semakin cepat pula kinerja komputer saat sedang melakukan proses. 
Adapun bagian-bagian terpenting dalam sebuah processor antara lain sebagai berikut:
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
    Melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika / matematika sesuai dengan intruksi programnya. Bagian ALU ini pada dasarnya melakukan semua bentuk logika.
  • Control Unit (CU)
    Pengatur lalu lintas data seperti input & output. Semua peralatan dalam sistem komputer diatur dan dikendalikan oleh CU.
  • Memory Unit (MU)Alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.
Jadi, prosesor pada sebuah komputer ini sangatlah penting, karena komponen kecil ini sangat menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer yang anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com